Profil - Permata Salafus Sholih

Breaking

Meniti Aqidah dan Manhaj Para Nabi dan Salafus Sholeh

Anda diperkenankan menyebarkan tulisan-tulisan dalam blog ini dengan selalu menyertakan link sumbernya dan tidak menghilangkan penulisnya. Namun anda dilarang menyebarkannya untuk tujuan komersial.Jika mengabaikan peringatan ini, maka silahkan pertanggungjawabkan kelak pada Yaumul Qiyamah di hadapan Allah ﷻ.

Profil

بسم الله الرحمن الرحيم

إن الحمد لله نحمده، ونستعينه، نستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.اللهم صل وسلم على محمد و على آله و أصحابه  ومن سلك طريقهم إلى يوم الدين

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا. يُصْلِحْ لَكُمْ أَعْمَالَكُمْ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ فَقَدْ فَازَ فَوْزًا عَظِيمًا

فإن أصدق الحديث كتاب الله وخير الهدى هدى محمد ﷺ  وشر الأمور محدثاتها وكل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وكل ضلالة في النار

.

Aku buat blog ini untuk menuliskan catatan- catatan pengalaman pribadi dan artikel-artikel ringan tentang syari’at Islam berdasarkan al-Qur’an dan hadist-hadist Nabi ﷺ dengan menempuh pemahaman para salafus sholeh.

Aku lahir di sebuah desa kecil di kawasan pantura (Pantai utara) kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan Jawa Timur Indonesia dari sebuah keluarga muslim dalam lingkungan ormas Muhammadiyyah. Sehingga sejak kecil aku dididik oleh Orang tuaku, dimasukkan di Masjid dan di musholla Muhammadiyyah yang  kelola oleh kiyai-kiyai di kampungku. Di amping itu sebagaimana anak-anak yang lain aku disekolahkan  di sekolah-sekolah Muhammadiyyah. Dari sinilah aku mengenal bid’ah,  syirik, khurofat dan tahayyul yang diingkari oleh KH. Ahmad Dahlan رحمه الله.

Aku juga banyak membaca majalah dan buku baik yang berbahasa Arab atau Indonesia. Dari sinilah aku mengenal istilah salafus sholeh walaupun belum tahu hakekatnya sebenarnya. Dari sini pula aku mengenal pergerakan-pergerakan islam semacam Ikhwanul Muslimin dan tokoh-tokohnya seperti Hasan Al-Banna dan Sayyid Qutub, al-Qaidah dan Usamah bin Ladennya, Hamas di Palestina, dan juga mengenal gerakan-gerakan Islam lainnya.

Suatu ketika, karena kesukaanku membaca, aku banyak membeli majalah. Salah satunya majalah as-Sunnah terbitan Yayasan Lajnah Istiqomah Surakarta edisi 07/VIII/1425H/2004M. Dari sinilah aku sedikit mengenal manhaj salaf yang aku nilai ajarannya tidak berbeda jauh dengan yang aku pelajari di Muhammadiyyah. Kemudian dari salah seorang temanku, aku juga mengenal majalah al-Furqon terbitan Lajnah Dakwah Ma’had al-Furqon al-Islami sedayu Gresik. Dari sini aku mulai banyak mengenal aqidah dan manhaj salaf.

Seiring dengan perkembangan internet dan era diqital aku semakin mengenal secara intensif Aqidah dan manhaj salaf melalui kitab-kitab para ulama’ salaf mutaqoddimin semacam Imam  Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’I, Imam Ahmad, Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab رحمهم الله  dan lain-lainnya. Kitab kitab mereka aku dapatkan dalam versi PDF, Maktabah Syamelah ataupun Maktabah al-Qirthos. Aku juga mengenalnya melalui kitab-kitab dan situs-situs ulama sunnah mutaakhirin seperti Syaikh Abdul Aziz bin Baz, Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin dan Syaikh Muhammad Nasiruddin al-Albani رحمهم الله . Disamping itu, aku juga berusaha mengikuti pengajian dari ustadz-ustadz bermanhaj salaf di sekitar daerahku.

Dan kini aku ingin menuangkan  catatan-catatanku dalam blog ini. Bila antum sekalian mendapati dalam catatanku kebenaran sesuai pemahaman para salaf maka silahkan diambil faedahnya  dengan memperhatikan amanah ilmiah. Jika mendapati kesalahan dalam tulisanku maka luruskanlah dengan benar berdasarkan hujjah yang sesuai dengan pemahaman para ulama’ sunnah. Jika aku masih hidup maka in syaa Allah aku akan berusaha merubahnya tapi jika aku telah meninggal maka semoga Allah ﷻ mengampuniku atas kesalahan dan ketidaktahuanku.

Bagi antum sekalian yang belum mengenalku, dan yang sudah mengenalku di dunia nyata ataupun maya jangan jadikan kekuranganku dalam berperilaku yang tidak sesuai dengan syaria’at dan pemahaman salafus sholeh sebagai celaan atas diriku, karena aku adalah orang yang lemah yang masih berusaha untuk menjadi baik.

Semoga catatan-catatanku dalam blog ini bermanfat bagi diriku sendiri dan kaum muslimin pada umumnya. Dan semoga juga tercatat sebagai amal sholeh yang ikhlah karena Allah baik ketika aku masih hidup atau ketika aku sudah meninggal.


سُبْحَانَكَ اللهُمَّ وَبِحَمْدِكَ. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ. أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ


وصلّى الله وسلّم وبارك وأنعم على عبد الله ورسوله نبينا محمد وآله وصحبه أجمعي

.

Akhukum fillah

Abu Failaqullah As-Syihaby

Pagi bernaung mendung di kawasan pantura kabupaten Lamongan Jatim, Ahad, 27 Robi’uts Tsani 1437 H/ 7 Februari 2016 M


4 komentar:

Jazakumullah atas kunjungan dan perhatian anda. Komentar yang bijak adalah kehormatan kami.